Harga Emas Spot Stabil di Sesi Eropa, Rabu (24/1)

Harga emas di pasar spot untuk sementara ini masih bergerak cukup stabil di awal perdagangan sesi Eropa, Rabu (24/1/2024), di tengah ketidapastian terhadap pemotongan suku bunga bank sentral AS tahun ini.

Hingga pukul 15:26 WIB, emas spot berada di kisaran level 2028.83, turun tipis 0.01%.

Emas sempat jatuh mendekati level terendah $2.000/oz awal bulan ini dimana investor mulai mengurangi ekspektasi bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga paling cepat pada Maret 2024.

Namun logam mulia ini rebound karena beberapa permintaan safe haven, terutama karena kondisi geopolitik di Timur Tengah yang memburuk. Rebound ini juga membuat emas membentuk range perdagangan antara $2.000 hingga sekitar $2.050/oz selama sepekan terakhir.

Investor kini mencari lebih banyak petunjuk tentang kapan The Fed berpotensi mulai memangkas suku bunga tahun ini.

Data produk domestik bruto (GDP) kuartal keempat yang akan diumumkan Kamis (25/1) diperkirakan akan mencatat penurunan dalam pertumbuhan ekonomi AS. Smentara, data Indeks harga PCE – alat ukur inflasi The Fed – akan dirilis Jumat (26/1) dan diperkirakan akan menegaskan kembali bahwa inflasi tetap tinggi pada bulan Desember 2023.

Data ini dirilis hanya beberapa hari sebelum rapat pertama The Fed di tahun 2024, di mana bank sentral diperkirakan akan mempertahankan suku bunga. Namun, isyarat mengenai rencana penurunan suku bunga akan menjadi fokus utama.


Posted

in

by

Tags:

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *