Data Klaim Pengangguran Mingguan Turun, Dolar AS Lanjut Reli

Mencetak level tertinggi baru enam minggu, Greenback berlanjut menguat versus major currencies pada hari ini, Kamis (18/5), setelah data klaim pengangguran (Jobless Claims/Unemployment Claims) AS yang diluar dugaan membaik atau turun dari pekan sebelumnya. Data ekonomi terbaru ini mengurangi spekulasi pelonggaran Federal Reserve, di tengah optimisme pasar terkait kesepakatan plafon utang AS.

Hingga pukul 20:30 WIB, Indeks Dolar AS yang mewakili kekuatan USD terhadap beberapa mata uang utama lainnya terpantau menguat 0.47% di kisaran level 103.35.

INDEKS DOLAR AS – TIME FRAME DAILY

Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan hari ini bahwa klaim pengangguran mingguan untuk periode pekan yang berakhir 13 Mei 2023, turun dari 264K ke angka 242K, di bawah ekspektasi untuk klaim sebanyak 253K.

Turunnya klaim pengangguran adalah indikasi bahwa pasar tenaga kerja AS tetap solid, ditengah kebijakan Federal Reserve untuk memperketat kebijakan moneter guna meredam inflasi. Angka klaim pengangguran mingguan telah diawasi dengan ketat selama setahun terakhir, mengingat Fed telah menaikkan suku bunga secara agresif.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *